Breaking News

Cara Memenangkan Debat Pada Saat Rapat


TIPS MEMENANGKAN DEBAT PADA SAAT RAPAT


Pada kesempatan kali ini saya akan memberi ilmu cara atau tips memenangkan debat pada saat rapat dan sidang, disetiap rapat sering terjadi debat atau perpecahan yang akan mengundang rasa benci karena yang dicari hanyalah masalah dan kesalahan bukan solusi atau jalan pintas. Jadi seseorang yang tidak mempunyai mental atau attitude cerdas dia akan merasa dirinya tidak berguna dan down dengan keputusan yang telah diambil oleh seseorang. Dia akan menghindar seolah-olah ingin mengakhiri rapatnya itu padahal rapat itu memang sangat penting untuk mengambil keputusan yang mantep dan mencapai kesuksesan dan tujuan bersama, nah disini ada point supaya debat atau rapat anda tidak menjadi sebuah masalah, diantaranya :

1. Menjadi Pendengar Yang Baik

Nah ketika seseorang ada yang menyampaikan sesuatu, tetapi tidak diterima maka disini sering terjadi perdebatan yang luar biasa misalkan, si A lagi menyampaikan sesuatu artinya sedang berbicara. Terus Si B tidak setuju dengan keputusannya itu, stop anda jangan ikut-ikutan seperti itu. Tetapi anda harus menjadi seseorang yang profesional dan menjadi pendengar yang baik. Dengar terus ketika si A sedang berbicara seolah-olah si A beres menyampaikannya. Nanti juga ada waktu untuk anda berbicara jadi mohon bersabar dan tetap berprofesional, ketika seseorang sedang membahas permasalahannya dan anda berbicara di waktu terakhir sebenarnya anda beruntung karena anda telah mendengarkan permasalahannya sehingga anda menemukan solusi dan jalan pintasnya supaya perdebatan itu diterima oleh semuanya, jadi jangan sampai anda ikut-ikutan berbicara ketika seseorang berbicara. Jika itu terjadi permasalahannya panjang, dan solusi tidak akan pernah didapatkan.

2. Have A Greate Attitude (Memiliki Mental Yang Luar Biasa)

Kita harus mempunyai mental yang luar biasa, karena sikap adalah pondasi kesuksesan. Kita harus berprofesional ketika mengikuti rapat atau sidang, artinya anda harus mendengarkan, memahami, dan berfikir positif. Bukan orang yang tidak punya kepribadian luar biasa. Artinya tidak memerhatikan, pada saat rapat berbicara dengan seseorang, dan memainkan alat komunikasi lalu menyampaikan kritikan, atau mengundang sebuah masalah itu adalah contoh yang salah, seharusnya anda melakukan yang sudah disebutkan tadi memahami, mendengarkan, dan berfikir positif. Sikap ini bisa dilihat dari : Cara Berfikir, Cara Berbicara, dan Cara Bertingkah Laku Yang Positif.

3. Jangan Kehilangan Sikap (Don’t Lose Your Attitude)

Ketika kita berbicara dan menyampaikan pendapat anda harus tetap kuat, jangan pernah kehilangan sikap. Mungkin generasi millenial pada umumnya ketika berorganisasi disini mereka belum tahu cara menyampaikan pendapat dan cara menyelesaikan masalah, artinya ketika pendapat anda tidak diterima, anda langsung mempunyai sikap down seolah-olah tidak mau mengikuti rapat itu lagi, bawaannya malas, dan selalu berfikiran negatif sehingga muncul ujaran kebencian atau rasa tidak suka terhadap seseorang tersebut. Maka disini anda harus tetap semangat, anda harus jadi diri anda sendiri. Mampu tersenyum, mampu bangkit dari kekalahan, dan mampu mengambil tindakan. Ingat semua orang tau ketika rapat itu dilaksanakan tau betul mana yang baik dan mana yang jelek, yang pasti seseorang akan fokus terhadap seseorang yang terus berprofesional dan mempunyai solusi dan motivasi tinggi.

4. Take Control (Mengendalikan Diri Anda Sendiri)

Ketika kita mengikuti rapat, sering terjadi mengambil keputusan yang sangat tidak wajar, artinya melakukan persetujuan tanpa ada rasa menyampaikan sesuatu, tapi anda harus ikut berbicara, menyampaikan pendapat dan sebuah solusi sehingga semuanya benar-benar menurut persetujuan seksama dan tujuan bersama. Anda harus bisa mengendalikan diri anda sendiri, jangan sampai keputusan hanya ada disatu pihak. Tetapi pihak lain malu untuk menyampaikan sebuah pendapat, atau saran. Maka disini anda harus menjadi seorang leadership atau pemimpin yang profesional, dan mengambil jalannya rapat. Walaupun seorang pemimpin sedang terjatuh, dan sedang tidak terkendalikan emosionalnya artinya adalah terbawa suasana sehingga yang dibahas bukan solusi, bukan juga saran ataupun pendapat tetapi yang dibahas adalah masalah. Maka disini anda harus mengendalikan diri anda sendiri jangan sampai terpancing oleh sebuah masalah. Karena mengendalikan diri sendiri adalah kunci menuju kesuksesan.

Mungkin itu 4 cara memenangkan debat, supaya saran dan pendapat anda diterima. Ketika rapat sedang dimulai, mungkin ada sebagian seseorang ketika orang lain membahas sebuah masalah ternyata dia juga sedang menunggu seseorang yang akan menyelesaikan rapat ini supaya tidak terjadi kesalah pahaman dan sebuah masalah. Karena kalau berbicara mengenai rapat dibarengi dengan membahas sebuah masalah memang sangat males, seolah-olah ingin menyelesaikan rapat itu.


INFO TENTANG PENULIS :

No comments