Cara Memenangkan Debat Pada Saat Rapat
TIPS
MEMENANGKAN DEBAT PADA SAAT RAPAT
Pada kesempatan kali
ini saya akan memberi ilmu cara atau tips memenangkan debat pada saat rapat dan
sidang, disetiap rapat sering terjadi debat atau perpecahan yang akan
mengundang rasa benci karena yang dicari hanyalah masalah dan kesalahan bukan
solusi atau jalan pintas. Jadi seseorang yang tidak mempunyai mental atau
attitude cerdas dia akan merasa dirinya tidak berguna dan down dengan keputusan
yang telah diambil oleh seseorang. Dia akan menghindar seolah-olah ingin
mengakhiri rapatnya itu padahal rapat itu memang sangat penting untuk mengambil
keputusan yang mantep dan mencapai kesuksesan dan tujuan bersama, nah disini
ada point supaya debat atau rapat anda tidak menjadi sebuah masalah,
diantaranya :
1. Menjadi Pendengar Yang Baik
Nah ketika seseorang
ada yang menyampaikan sesuatu, tetapi tidak diterima maka disini sering terjadi
perdebatan yang luar biasa misalkan, si A lagi menyampaikan sesuatu artinya
sedang berbicara. Terus Si B tidak setuju dengan keputusannya itu, stop anda
jangan ikut-ikutan seperti itu. Tetapi anda harus menjadi seseorang yang
profesional dan menjadi pendengar yang baik. Dengar terus ketika si A sedang
berbicara seolah-olah si A beres menyampaikannya. Nanti juga ada waktu untuk
anda berbicara jadi mohon bersabar dan tetap berprofesional, ketika seseorang
sedang membahas permasalahannya dan anda berbicara di waktu terakhir sebenarnya
anda beruntung karena anda telah mendengarkan permasalahannya sehingga anda
menemukan solusi dan jalan pintasnya supaya perdebatan itu diterima oleh
semuanya, jadi jangan sampai anda ikut-ikutan berbicara ketika seseorang
berbicara. Jika itu terjadi permasalahannya panjang, dan solusi tidak akan
pernah didapatkan.
2. Have A Greate Attitude (Memiliki Mental Yang Luar
Biasa)
Kita harus mempunyai
mental yang luar biasa, karena sikap adalah pondasi kesuksesan. Kita harus
berprofesional ketika mengikuti rapat atau sidang, artinya anda harus
mendengarkan, memahami, dan berfikir positif. Bukan orang yang tidak punya
kepribadian luar biasa. Artinya tidak memerhatikan, pada saat rapat berbicara
dengan seseorang, dan memainkan alat komunikasi lalu menyampaikan kritikan,
atau mengundang sebuah masalah itu adalah contoh yang salah, seharusnya anda
melakukan yang sudah disebutkan tadi memahami, mendengarkan, dan berfikir
positif. Sikap ini bisa dilihat dari : Cara Berfikir, Cara Berbicara, dan Cara
Bertingkah Laku Yang Positif.
3. Jangan Kehilangan Sikap (Don’t Lose Your
Attitude)
Ketika kita berbicara
dan menyampaikan pendapat anda harus tetap kuat, jangan pernah kehilangan
sikap. Mungkin generasi millenial pada umumnya ketika berorganisasi disini
mereka belum tahu cara menyampaikan pendapat dan cara menyelesaikan masalah,
artinya ketika pendapat anda tidak diterima, anda langsung mempunyai sikap down
seolah-olah tidak mau mengikuti rapat itu lagi, bawaannya malas, dan selalu
berfikiran negatif sehingga muncul ujaran kebencian atau rasa tidak suka
terhadap seseorang tersebut. Maka disini anda harus tetap semangat, anda harus
jadi diri anda sendiri. Mampu tersenyum, mampu bangkit dari kekalahan, dan
mampu mengambil tindakan. Ingat semua orang tau ketika rapat itu dilaksanakan
tau betul mana yang baik dan mana yang jelek, yang pasti seseorang akan fokus
terhadap seseorang yang terus berprofesional dan mempunyai solusi dan motivasi
tinggi.
4. Take Control (Mengendalikan Diri Anda Sendiri)
Ketika kita mengikuti
rapat, sering terjadi mengambil keputusan yang sangat tidak wajar, artinya
melakukan persetujuan tanpa ada rasa menyampaikan sesuatu, tapi anda harus ikut
berbicara, menyampaikan pendapat dan sebuah solusi sehingga semuanya
benar-benar menurut persetujuan seksama dan tujuan bersama. Anda harus bisa
mengendalikan diri anda sendiri, jangan sampai keputusan hanya ada disatu
pihak. Tetapi pihak lain malu untuk menyampaikan sebuah pendapat, atau saran. Maka
disini anda harus menjadi seorang leadership atau pemimpin yang profesional,
dan mengambil jalannya rapat. Walaupun seorang pemimpin sedang terjatuh, dan
sedang tidak terkendalikan emosionalnya artinya adalah terbawa suasana sehingga
yang dibahas bukan solusi, bukan juga saran ataupun pendapat tetapi yang
dibahas adalah masalah. Maka disini anda harus mengendalikan diri anda sendiri
jangan sampai terpancing oleh sebuah masalah. Karena mengendalikan diri sendiri
adalah kunci menuju kesuksesan.
Mungkin itu 4 cara
memenangkan debat, supaya saran dan pendapat anda diterima. Ketika rapat sedang
dimulai, mungkin ada sebagian seseorang ketika orang lain membahas sebuah
masalah ternyata dia juga sedang menunggu seseorang yang akan menyelesaikan
rapat ini supaya tidak terjadi kesalah pahaman dan sebuah masalah. Karena kalau
berbicara mengenai rapat dibarengi dengan membahas sebuah masalah memang sangat
males, seolah-olah ingin menyelesaikan rapat itu.
INFO TENTANG PENULIS :
No comments