Breaking News

Cara Membuat SKCK Untuk Pemula


Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)


Ternyata SKCK juga sangat penting loh dalam kehidupan sehari-hari baik itu untuk pendaftaran TNI, Polisi, Guru, atau Melamar kerja lainnya. Karena fungsi dari SKCK ini sangat penting karena tujuannya adalah untuk menyakinkan lagi pihak tertentu bahwa kita adalah orang-orang yang baik tidak pernah terlibat pidana atau hukuman. Jadi ketika kita mendapatkan kasus ataupun hukuman dan melarikan diri bakal ketangkap loh karena sidik jari kita sudah direkam dan ada didata kepolisian jadi hati-hati ketika anda bekerja dimana saja jangan sampai anda melakukan hal yang ceroboh. Tapi masih banyak yang kebingungan cara membuatnya, nah disini saya akan memberitahunya dengan pengalaman pribadi saya. Kita langsung saja yah.
1. Siapkan Persyaratannya
Nah tentunya kita harus mempersiapkan persyaratannya, diantaranya KTP, Foto backround merah ukuran 4x6 / 3x4 min 5, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan Ijazah terakhir/ surat kelulusan (bagi yang lulusan baru).
2. Datang Kepolres (Sidik Jari SKCK)
Nah setelah itu kita datang saja, untuk melakukan rumus sidik jari SKCK, biasanya dikenakan biaya sekitar 15ribu langsung menuju loket sidik jari SKCK dan disitu kita disuruh menyerahkan foto 3x4 2 sama KTP 1, dan tunggu sebentar karena kita akan dikasih selembaran rumus sidik jari, turuti saja perintahnya. Setelah itu kita akan melakukan perekaman rumus sidik jari. Sesudah semuanya beres kita akan diberi kartu pendaftaran SKCK. Jadi langsung saja menuju ke ruangan pembuatan SKCK.
3. Datang Keruang Pendaftaran SKCK
Setelah itu kita akan ditanyakan apa tujuan kita membuat SKCK apakah melamar kerja, atau pendaftaran TNI/Polri. Dan disitu kita diminta persyaratannya diantaranya Akte kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah Terakhir, Foto dan Kartu yang telah diberikan dari sidik jari SKCK. Dan kita akan diminta biaya sekitar 30-40 tergantung kebijakannya.Anggap saja itu sebuah karcis. Setelah itu kita akan dikasih selembaran formulir pendaftaran SKCK lalu kita harus mengisinya. Dan disana paling Cuma butuh 20 menit dan disediakan contoh pengisiannya. Setelah semuanya beres dan akhirnya SKCK telah selesai dibuat. Tugas anda Cuma mencopynya untuk dilegalisir paling diminta 5 lembar. Dan selesai sudah pembuatan SKCK nya. Jadi gampang kan pembuatannya.
Mungkin hanya segitu ilmu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat untuk kita semua khususnya para pemula yang akan membuat SKCK sendiri.

No comments