Breaking News

Cara Menjadi Sutradara Film Pendek


BEGINI CARANYA SUPAYA KAMU JADI SUTRADARA


Campur News – Tentunya menjadi sutradara itu tidak gampang, semuanya butuh proses dan butuh perjuangan seiring dengan berjalannya waktu kamu sendiri tentunya harus menguasai karakter seseorang mata kamu harus jeli terhadap lingkungan dan masyarakat dari mulai mengenal sifat, karakter dll kamu sudah bisa jadi sutradara.

Terkadang pas SMK itu ada tugas pembuatan Film Pendek nah yang lucunya adalah ketika si sutradara itu marah-marah terhadap aktor tanpa memberikan sebuah kejelasan ataupun sebuah solusi, yang dicari hanyalah sebuah masalah jelas itu memang salah. Jadi ada sebagian dikalangan pelajar bahwa sutradara itu BOS atau orang yang megatur-ngatur, tetapi menurut saya itu salah, yang benar adalah sutradara memberikan sebuah motivasi, solusi, menggambarkan karakter sesungguhnya.

Nah jadi dipostingan kali ini kita akan belajar  mengenai cara menjadi sutradara Film pendek. Daripada kalian penasaran yuk kita lanjut saja.

1.Merancang Sebuah Skenario

Merancang sebuah scenario itu penting bro, kita harus mengadakan sebuah rapat bersama Producer, Asisten producer, dan aktor lainnya. Supaya apa yang dituju oleh kita semua siap digarap dan sesuai musyawarah bersama, tentunya sang sutradara harus bisa memahami, dan hapal betul si a karakternya gimana, si B karakternya gimana. Jadi harus lebih mengenal situasi kondisi dan orang-orangnya.

2.Carilah Nara Sumber

Narasumber itu penting banget ketika kita akan menggarap sebuah film, karena nara sumber adalah kuncinya sejarah mengenai apa yang akan digarap nanti. Dia yang lebih tau sejarahnya gimana, karakternya gimana.

3.Menentukan Struktur

Setelah semuanya beres, tentunya sutradara tugasnya adalah mendata dan membagi struktur dari mulai producernya siapa, aktornya siapa dan berapa, yang dibalik layar siapa saja pokoknya harus menentukan struktur kepengurusan. Dari Managamen atas hingga bawah harus terstruktur,

4.Survei Tempat

Setelah itu sutradara, dan crew yang dibalik layar sebelum melaksanakan proses syuting. Tentunya harus survei tempat dulu supaya Sesuatu yang telah direncanakan berjalan lancar.

5.Proses Syuting

Setelah semuanya beres kita langsung ke proses syuting dimana akan menggarap sebuah film, tugas sutradara adalah mengarahkan aktor, dan posisi kamera ada dimana, pengambilannya apa saja dan memberikan motivasi dan solusi terhadap crew dan aktor. Dan memantau jalannya syuting dan diakhir membuat sebuah evalusia kurangnya apa, dan gimana kedepannya pokoknya sutradara dilapangan penuh dengan tanggung jawab.

Ya mungkin cukup sekian tentang menjadi sutradara film pendek, kurang lebihnya mohon maaf. Yuk tuliskan tentang menjadi sutradara menurut versi kalian dikolom komentar. Jangan lupa Follow IGnya sang penulis dan producer di Casting Film Majalengka, Jawa Barat. Bisa reques juga apalagi yang harus dituliskan di Blog ini.




1 comment: