Breaking News

Fenomena Gunung Ciremai Bertopi Awan


Fenomena Gunung Ciremai “Bertopi” Awan, Ini Penjelasan BMKG


CAMPUR NEWS – Masyarakat Majalengka dan sekitarnya dihebohkan dengan fenomena Gunung Ciremai “bertopi” awan, kamis (18/07/2019). Fenomena tersebut hampir mirip dengan Gunung rinjani yang “Bertopi” awan saat rabu,(18/07/2019) kemarin yang sempat menghebohkan tersebut. Meskipun tidak bulat sempurna dan sama persis dengan yang ada di Gunung Rinjani, namun peristiwa tersebut sempat membuat ramai di masyarakat. Tidak jarang banyak masyarakat yang mengabadikan fenomena langka tersebut dengan kamera ponsel.
Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Jatiwangi, Ahmad Faiziyn, fenomena awan topi di Gunung Ciremai tersebut biasanya dinamakan awan lenticular. Kondisi ini bahkan berotensi membahayakan penerbangan.
“Ada potensi bahaya bagi penerbangan karena disekitar awan lenticula awan topi ini terdapat turbulensi udara”.jelasnya kamis (18/07/2019). Awan topi atau lenticular yang terjadi diatas  Gunung Ciremai itu, lanjutnya biasa terbentuk disekitar pegunungan atau perbukitan, dikarena pergerakan angin disekitar Gunung. Selain itu, juga bisa dikarenakan adanya aliran udara atau angin yang melewati gunung.
“Karena itulah, fenomena ini berfotensi berbahaya bagi penerbangan.”.pungkasnya.

No comments