Breaking News

Cara Berbicara Di Depan Umum


BELAJAR PUBLIK SPEKING (BERBICARA DEPAN UMUM)


Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana berbicara didepan umum atau bisa disebut public speaking. Terkadang setelah kita berada didepan selalu gugup dan mendadak lupa yah mau berbicara apa, nah disini kita akan mencoba sharing-sharing berdasarkan pengalaman saya yah. Semoga bermanfaat. Sebenernya dulu juga saya orangnya pendiem malu apalagi berbicara didepan umum, nah kapan mau berbicaranya kalau kitanya ajah tidak pernah belajar, mendengarkan seseorang dengan baik. Ok disini kita langsung saja bagaimana tipsnya:
1. Persiapan ( Be Prepared)
Tentunya kita perlu persiapan, misalkan malamnya kita berlatih untuk hari esok mau berbicara apa dan materi apa yang akan disampaikan. Lebih baiknya lagi kita siapkan point-point pentingnya untuk dibahas supaya didepan sana kita bicaranya lebih terkontrol dan tersampaikan. Berbeda dengan dongeng dan cerita panjang lainnya yang tidak perlu kita bahas, mengapa demikian ? Jika kita membahas yang tidak penting malah yang ada suana remang-remang dan tidak konsentrasi.
2. Berlatih Secara Teratur
Berlatih juga memang sangat penting,  jangan pernah menganggap sepele terkadang kita selalu berpikir “Gimana Nanti Ajah”. Jauhilah perkataan seperti itu lebih baik kita berlatih misalkan kita berbicara didepan kaca dan memperagakan gerakan seperti apa yang lebih profesional ketika didepan umum. Latihlah mulut anda supaya tidak gugup dan tidak terbelit-belit misalkan dengan cara berbicara (a i u e o) dengan cepat supaya mulut kita bisa refleks ketika berbicara. Bagi anda yang ingin lebih profesional anda harus mendengar motivator-motivator lain seperti seminar atau workshop pelajari cara mereka berbicara.
3. Persiapkan Diri
Setelah point diatas sudah dilakukan maka kita harus mempersiapkan diri apakah pakaian kita sudah bersih, sudah terlihat profesional dari segi pakaian dan badan kita. Jika belum maka dari itu kita harus bersihkan dulu misalkan sikat gigi, baju yang rapih serta memakai wangi-wangian supaya semua orang bisa konsentrasi.
4. Kuasai Panggung
Kuasai panggung artinya anda harus mengambil alih pembicaraan dan menjadi master dalam berbicara, mulailah dengan ucapan selamat pagi, siang, sore atau malam. Atau bisa diawali dengan menguji konsentrasi pendengar dengan cara game, ice breaking, atau yang lainnya supaya semua orang tidak jenuh dan tidak membosankan. Setelah itu baru kita mulai memberikan materi dan apa yang akan dibahas yang telah dipersiapkan tadi, ada di nomor 1. Anda harus paham pada diri sendiri why are you here? What are you doing (Mengapa kamu disini? Dan apa yang sedang kamu lakukan). Anda harus berpikir luas dan berpikir apa yang akan dilakukan selanjutnya setelah semuanya telah tersampaikan.
5. Tutup Dengan Penuh Keyakinan
Kebanyakan seseorang ketika sudah teruji dan sudah mampu berbicara didepan umum terkadang lupa waktu sehingga para pendengar tidak konsentrasi dan selalu berpikir “Kapan Beresnya?”.  “Kapan Pulangnya?”. Nah disini kita perlu mempunyai keyakinan kita harus bener-bener melihat waktu dan kondisi, jika semuanya sudah tersampaikan tutuplah denga penuh keyakinan, dengan cara memberikan harapan atau motivasi tinggi terhadap penonton supaya mereka bisa bersemangat ketika menjalankan suatu aktivitas.
Mungkin itu saja pengalaman dan tips yang dapat saya sampaikan, semoga bisa membantu anda untuk berbicara didepan umum. Karena awal dari kesuksesan kita harus yakin dan mampu untuk belajar.


No comments