Breaking News

Cara Membantu UIGHUR Di Chinna


5 CARA BANTU UIGHUR DI CHINA


Campur News - Suku Uighur atau Uygur, Uigur, Uyghur (Uyghur: ئۇيغۇر; Hanzi: 维吾尔; Hanzi tradisional: 維吾爾; Hanzi: Wéiwú'ěr) adalah salah satu suku minoritas resmi di Republik Rakyat Tiongkok. Suku ini merupakan keturunan dari suku kuno Huihe yang tersebar di Asia Tengah, menuturkan bahasa Uighur dan memeluk agama Islam.


Selain Republik Rakyat Tiongkok, populasi suku ini juga tersebar di Kazakhstan, Kyrgystan dan Uzbekistan.Suku Uighur bersama suku Hui menjadi suku utama pemeluk Islam di Tiongkok, tetapi ada perbedaan budaya dan gaya hidup yang kentara di antaranya. Suku Uighur lebih bernafaskan Sufi sedangkan suku Hui lebih pada mazhab Hanafi.Suku Uighur terutama berdomisili dan terpusat di Daerah Otonomi Xinjiang.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk meringankan beban penderitaan mereka, diantaranya :

1. Stop Produk China
Memboikot produk-produk China memang tak semudah memboikot produk-produk Israel. Namun jika tidak kita mulai dari sekarang kapan lagi.

2. Sebarkan Fakta Seputar Penindasan UIGHUR
Tidak semua orang tahu mengenai situasi yang sebenarnya terjadi di Tuskistan Timur. China sangat takut hal itu tersebar, karena bisa mengungkap wajah mereka yang sebenarnya.

3. Lindungi Mereka Yang Tinggal Di Sekitarmu
Beberapa muslim Uighur melarikan diri keluar China. Jika anda bertemu mereka maka rangkulah mereka, dengarkan curahan hati mereka, dan jadilah saudara yang dapat memberikan perlindungan kepada mereka.

4. Desak Pemerintahan Untuk Tekan China
Tulis surat kepada pemerintahan mention mereka di Twitter, Tag, mereka di Facebook. Buat petisi. Mintalah kepada pemerintahan agar bersuara dan mendesak pemerintahan China agar segera mengakhiri tindakan represif.

5. Ikuti Aksi Damai
Tak perlu jauh-jauh mendatangi kantor PBB, anda cukup menggelar aksi damai di manapun anda berada, lebih baik lagi jika anda menggelar aksi damai di depan kedutaan China, teriakkan sekeras mungkin “Hentikan penindasan terhadap muslim Uighur”.


Mungkin itu adalah cara kita untuk melindungi mereka.

No comments